INDIKATOR KEBERHASILAN
SEKOLAH DAN KELAS
DALAMPENGEMBANGAN
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
NILAI
|
Deskripsi
|
INDIKATORSEKOLAH
|
INDIKATORKELAS
|
1. Religius
|
Sikap dan perilaku yang patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang
dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun
dengan pemeluk agama lain.
|
§ Merayakan hari-hari
besar keagamaan.
§ Memiliki fasilitas yang
dapat digunakan untuk beribadah.
§ Memberikan kesempatan
kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
|
§ Berdoa sebelum dan
sesudah pelajaran.
§ Memberikan kesempatan
kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
|
2. Jujur
|
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
§ Menyediakan fasilitas
tempat temuan barang hilang.
§ Tranparansi laporan
keuangan dan penilaian sekolah secara berkala.
§ Menyediakan kantin
kejujuran.
§ Menyediakan kotak saran
dan pengaduan.
§ Larangan membawa
fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau ujian.
|
§ Menyediakan fasilitas
tempat temuan barang hilang.
§ Tempat pengumuman
barang temuan atau hilang.
§ Tranparansi laporan
keuangan dan penilaian kelas secara berkala.
§ Larangan menyontek.
|
3. Toleransi
|
Sikap dan
tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap,
dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
|
§ Menghargai dan
memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa
membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan
kemampuan khas.
§ Memberikan perlakuan
yang sama terhadap stakeholder
tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
|
§ Memberikan pelayanan
yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama,
ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
§ Memberikan pelayanan
terhadap anak berkebutuhan khusus.
§ Bekerja dalam kelompok
yang berbeda.
|
4. Disiplin
|
Tindakanyang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan.
|
§ Memiliki catatan
kehadiran.
§ Memberikan penghargaan
kepada warga sekolah yang disiplin.
§ Memiliki tata tertib
sekolah.
§ Membiasakan warga
sekolah untuk berdisiplin.
§ Menegakkan aturan dengan
memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah.
§ Menyediakan peralatan praktik
sesuai program studi keahlian (SMK).
|
§ Membiasakan hadir tepat
waktu.
§ Membiasakan mematuhi
aturan.
§ Menggunakan pakaian praktik
sesuai dengan program studi keahliannya (SMK).
§ Penyimpanan dan pengeluaran
alat dan bahan (sesuai program studi keahlian) (SMK).
|
5. Kerja Keras
|
Perilaku yang menunjukkan upaya
sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan
menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
|
§ Menciptakan suasana
kompetisi yang sehat.
§ Menciptakan suasana
sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras.
§ Memiliki pajangan tentang
slogan atau motto tentang kerja.
|
§ Menciptakan suasana
kompetisi yang sehat.
§ Menciptakan kondisi
etos kerja, pantang menyerah, dan daya tahan belajar.
§ Mencipatakan suasana
belajar yang memacu daya tahan kerja.
§ Memiliki pajangan tentang slogan
atau motto tentang giat bekerja dan belajar.
|
6. Kreatif
|
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru darisesuatu yang telah dimiliki.
|
Menciptakan situasi yang menumbuhkan daya berpikir dan bertindak kreatif.
|
§ Menciptakan situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya
pikir dan bertindak kreatif.
§ Pemberian tugas yang menantang
munculnya karya-karya baru baik yang autentik maupun modifikasi.
|
7. Mandiri
|
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada
orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
|
Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.
|
Menciptakan suasana kelas yang memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri.
|
8. Demokratis
|
Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
|
§ Melibatkan warga
sekolah dalam setiap pengambilan keputusan.
§ Menciptakan
suasana sekolah yang menerima
perbedaan.
§ Pemilihan kepengurusan
OSIS secara terbuka.
|
§ Mengambil keputusan
kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
§ Pemilihan kepengurusan kelas
secara terbuka.
§ Seluruh produk kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.
§ Mengimplementasikan
model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif.
|
9. Rasa Ingin Tahu
|
Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang
dipelajari, dilihat, dan didengar.
|
§ Menyediakan media komunikasi
atau informasi (media cetak atau media elektronik) untuk berekspresi bagi
warga sekolah.
§ Memfasilitasi warga sekolah
untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan
budaya.
|
§ Menciptakan suasana kelasyang
mengundang rasa ingin tahu.
§ Eksplorasi lingkungan
secara terprogram.
§ Tersedia media
komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik).
|
10. Semangat
Kebangsaan
|
Cara berpikir,
bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di
atas kepentingan diri dan kelompoknya.
|
§ Melakukan upacara rutin
sekolah.
§ Melakukan upacara
hari-hari besar nasional.
§ Menyelenggarakan
peringatan hari kepahlawanan nasional.
§ Memiliki program
melakukan kunjungan ke tempat bersejarah.
§ Mengikuti lomba
pada hari besar nasional.
|
§ Bekerja sama dengan
teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
§ Mendiskusikan hari-hari
besar nasional.
|
11. Cinta Tanah Air
|
Cara berpikir, bersikap,dan berbuat yang menunjukkan
kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,
ekonomi, dan politik bangsa.
|
§ Menggunakan produk
buatan dalam negeri.
§ Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
§ Menyediakan
informasi (dari sumber cetak,
elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.
|
§ Memajangkan: foto presiden
dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta Indonesia, gambar
kehidupan masyarakat Indonesia.
§ Menggunakan produk
buatan dalam negeri.
|
12. Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang
mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi
masyarakat, mengakui, dan menghormati
keberhasilan orang lain.
|
§ Memberikan penghargaan
atas hasil prestasi kepada warga sekolah.
§ Memajang tanda-tanda
penghargaan prestasi.
|
§ Memberikan penghargaan
atas hasil karya peserta didik.
§ Memajang tanda-tanda
penghargaan prestasi.
§ Menciptakan suasana
pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.
|
13. Bersahabat/
Komuniktif
|
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,
bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain.
|
§ Suasana sekolah yang memudahkan
terjadinya interaksi antarwarga sekolah.
§ Berkomunikasi dengan bahasa
yang santun.
§ Saling menghargai dan menjaga
kehormatan.
§ Pergaulan dengan cinta kasih
dan rela berkorban.
|
§ Pengaturan kelas yang
memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
§ Pembelajaran yang
dialogis.
§ Guru mendengarkan
keluhan-keluhan peserta didik.
§ Dalam berkomunikasi, guru tidak
menjaga jarak dengan peserta didik.
|
14. Cinta Damai
|
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan
orang lain merasa
senang dan aman ataskehadiran dirinya
|
§ Menciptakan suasana
sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
§ Membiasakan perilaku
warga sekolah yang anti kekerasan.
§ Membiasakan perilaku
warga sekolah yang tidak bias gender.
§ Perilaku seluruh warga
sekolah yang penuh kasih sayang.
|
§ Menciptakan suasana
kelas yang damai.
§ Membiasakan perilaku
warga sekolah yang anti kekerasan.
§ Pembelajaran yang tidak
bias gender.
§ Kekerabatan di kelas
yang penuh kasih sayang.
|
15. Gemar Membaca
|
Kebiasaanmenyediakan waktu untuk
membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan
bagi dirinya.
|
§ Program wajib baca.
§ Frekuensi kunjungan
perpustakaan.
§ Menyediakan fasilitas
dan suasana menyenangkan untuk membaca.
|
§ Daftar buku atau tulisan
yang dibaca peserta didik.
§ Frekuensi kunjungan
perpustakaan.
§ Saling tukar bacaan.
§ Pembelajaran yang memotivasi
anak menggunakan referensi,
|
16. Peduli
Lingkungan
|
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah
kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya
untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
§ Pembiasaan memelihara
kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
§ Tersedia tempat
pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
§ Menyediakan kamar mandi dan air
bersih.
§ Pembiasaan hemat energi.
§ Membuat biopori di area sekolah.
§ Membangun saluran pembuangan
air limbah dengan baik.
§ Melakukan pembiasaan memisahkan
jenis sampah organik dan anorganik.
§ Penugasan pembuatan kompos dari
sampah organik.
§ Penanganan limbah hasil praktik
(SMK).
§ Menyediakan peralatan
kebersihan.
§ Membuat tandon penyimpanan air.
§ Memrogramkan cinta bersih
lingkungan.
|
§ Memelihara lingkungan kelas.
§ Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
§ Pembiasaan hemat energi.
§ Memasang stiker perintah
mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan apabila selesai
digunakan (SMK).
|
17. Peduli Sosial
|
Sikap dan tindakan yang selalu
ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
|
§ Memfasilitasi kegiatan
bersifat sosial.
§ Melakukan aksi sosial.
§ Menyediakan fasilitas untuk
menyumbang.
|
§ Berempati kepada sesama
teman kelas.
§ Melakukan aksi sosial.
§ Membangun kerukunan warga kelas.
|
18. Tanggungjawab
|
Sikap dan perilaku seseorang
untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya),
negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
|
§ Membuat laporan setiap
kegiatan yang dilakukan dalam bentuk
lisan maupun tertulis.
§ Melakukan tugas tanpa disuruh.
§ Menunjukkan prakarsa untuk
mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
§ Menghindarkan kecurangan dalam
pelaksanaan tugas.
|
· Pelaksanaan tugas piket secara
teratur.
· Peran serta aktif dalam
kegiatan sekolah.
· Mengajukan usul pemecahan
masalah.
|
1. KETERKAITAN NILAI DAN INDIKATOR UNTUK SEKOLAH DASAR
NILAI
|
INDIKATOR
|
|
1 – 3
|
4 – 6
|
|
Religius:
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran
agama yang dianutnya, toleran terhadap
pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
|
Mengenal dan mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai
ciptaan Tuhan melalui cara merawatnya
dengan baik.
|
Mengagumi sistem dan cara kerja organ-organ tubuh
manusia yang sempurna dalam sinkronisasi fungsi organ.
|
Mengagumi kebesaran Tuhan karena kelahirannya di dunia
dan hormat kepada orangtuanya.
|
Bersyukur kepada Tuhan karena memiliki keluarga yang
menyayanginya.
|
|
Mengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan
berbagai jenis bahasa dan suku bangsa.
|
Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan
berbagai keteraturan dalam berbahasa.
|
|
Senang mengikuti aturan kelas dan sekolah untuk
kepentingan hidup bersama.
|
Merasakan manfaat aturan kelas dan sekolah sebagai
keperluan untuk hidup bersama.
|
|
Senang bergaul dengan teman sekelas dan satu sekolah
dengan berbagai perbedaan yang telah diciptakan-Nya.
|
Membantu teman yang memerlukan bantuan sebagai suatu
ibadah atau kebajikan.
|
|
Jujur:
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai
orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
Tidak meniru jawaban teman (menyontek) ketika ulangan ataupun
mengerjakan tugas di kelas.
|
Tidak meniru pekerjaan temannya dalam mengerjakan tugas di rumah.
|
Menjawab pertanyaan guru tentang sesuatu berdasarkan
yang diketahuinya.
|
Mengatakan dengan sesungguhnya sesuatu yang telah
terjadi atau yang dialaminya.
|
|
Mau bercerita tentang kesulitan dirinya dalam
berteman.
|
Mau bercerita tentang kesulitan menerima
pendapat temannya.
|
|
Menceritakan suatu kejadian berdasarkan sesuatu yang
diketahuinya.
|
Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai
dengan yang diyakininya.
|
|
Mau menyatakan tentang ketidaknyaman suasana
belajar di kelas.
|
Mengemukakan ketidaknyaman dirinya dalam belajar
di sekolah.
|
|
Toleransi:
Sikap dan
tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap,
dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
|
Tidak mengganggu teman yang berlainan agama dalam
beribadah.
|
Menjaga hak teman yang berbeda agama untuk melaksanakan
ajaran agamanya.
|
Mau bertegur sapa dengan teman yang berbeda
pendapat.
|
Menghargai pendapat yang berbeda sebagai sesuatu
yang alami dan insani.
|
|
Membantu teman yang mengalami kesulitan walaupun
berbeda dalam agama, suku, dan etnis.
|
Bekerjasama dengan teman yang berbeda agama,
suku, dan etnis dalam kegiatan-kegiatan kelas dan sekolah.
|
|
Menerima pendapat teman yang berbeda dari pendapat dirinya.
|
Bersahabat dengan teman yang berbeda pendapat.
|
|
Disiplin:
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan
peraturan.
|
Datang ke sekolah dan masuk kelas pada waktunya.
|
Menyelesaikan tugas pada waktunya.
|
Melaksanakan tugas-tugas kelas yang menjadi
tanggungjawabnya.
|
Saling menjaga dengan teman agar semua
tugas-tugas kelas terlaksana dengan baik.
|
|
Duduk pada tempat yang telah ditetapkan.
|
Selalu mengajak teman menjaga ketertiban kelas.
|
|
Menaati peraturan sekolah dan kelas.
|
Mengingatkan teman yang melanggar peraturan
dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung.
|
|
Berpakaian rapi.
|
Berpakaian sopan dan rapi.
|
|
Mematuhi aturan permainan.
|
Mematuhi aturan sekolah.
|
|
Kerja keras:
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam
mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan
sebaik-baiknya.
|
Mengerjakan semua tugas kelas
dengan sungguh-sungguh.
|
Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.
|
Mencari informasi dari sumber di luar buku
pelajaran.
|
Mencari informasi dari sumber-sumber di luar
sekolah.
|
|
Menyelesaikan PR pada waktunya.
|
Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya.
|
|
Menggunakan sebagian besar waktu di kelas untuk
belajar.
|
Fokus pada tugas-tugas yang diberikan guru di
kelas.
|
|
Mencatat dengan sungguh-sungguh sesuatu yang ditugaskan
guru.
|
Mencatat dengan sungguh-sungguh sesuatu yang
dibaca, diamati, dan didengar untuk kegiatan kelas.
|
|
Kreatif:
Berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru
berdasarkan sesuatu yang telah
dimiliki.
|
Membuat suatu karya dari bahan yang tersedia di kelas.
|
Membuat berbagai kalimat baru dari sebuah kata.
|
Mengusulkan suatu kegiatan baru di kelas.
|
Bertanya tentang sesuatu yang berkenaan dengan
pelajaran tetapi di luar cakupam materi pelajaran.
|
|
Menyatakan perasaannya dalam gambar, seni,
bentuk-bentuk komunikasi lisan dan tulis.
|
Membuat karya tulis tentang hal baru tapi
terkait dengan materi pelajaran.
|
|
Melakukan tindakan-tindakan untuk membuat kelas
menjadi sesuatu yang nyaman.
|
Melakukan penghijauan atau penyegaran halaman
sekolah.
|
|
Mandiri:
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada
orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
|
Melakukan sendiri tugas kelas yang menjadi
tanggungjawabnya.
|
Mencari sumber untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa
bantuan pustakawan sekolah.
|
Mengerjakan PR tanpa meniru pekerjaan temannya.
|
Mengerjakan PR tanpa meniru pekerjaan temannya.
|
|
Demokratis:
Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai
sama hak dan kewajiban dirinya dan
orang lain.
|
Menerima
ketua kelas terpilih berdasarkan suara terbanyak.
|
Membiasakan diri bermusyawarah dengan
teman-teman.
|
Memberikan suara dalam pemilihan di kelas dan
sekolah.
|
Menerima kekalahan dalam pemilihan dengan ikhlas.
|
|
Mengemukakan pikiran tentang teman-teman sekelas.
|
Mengemukakan pendapat tentang teman yang jadi pemimpinnya.
|
|
Ikut membantu melaksanakan program ketua kelas.
|
Memberi kesempatan kepada teman yang menjadi pemimpinnya
untuk bekerja.
|
|
Menerima arahan dari ketua kelas, ketua kelompok
belajar, dan OSIS.
|
Melaksanakan kegiatan yang dirancang oleh teman yang menjadi
pemimpinnya.
|
|
Rasa ingin tahu:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui
lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan
didengar.
|
Bertanya kepada guru dan teman tentang materi
pelajaran.
|
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks
tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
|
Bertanya kepada sesuatu tentang gejala alam yang
baru terjadi.
|
Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru
terjadi.
|
|
Bertanya kepada guru tentang sesuatu yang
didengar dari radio atau televisi.
|
Bertanya tentang beberapa peristiwa alam,
sosial, budaya, ekonomi, politik, teknologi yang baru didengar.
|
|
Bertanya tentang berbagai peristiwa yang dibaca
dari media cetak.
|
Bertanya
tentang sesuatu yang terkait dengan materi pelajaran tetapi di luar
yang dibahas di kelas.
|
|
Semangat kebangsaan:
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang
menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan
kelompoknya.
|
Turut serta dalam upacara peringatan hari pahlawan dan
proklamasi kemerdekaan.
|
Turut serta dalam panitia peringatan hari pahlawan
danproklamasi kemerdekaan.
|
Menggunakan bahasa Indonesia ketika ada teman dari suku lain.
|
Menggunakan bahasa Indonesia ketika berbicara di kelas.
|
|
Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu-lagu wajib.
|
Menyanyikan lagu-lagu perjuangan.
|
|
Mengagumi banyaknya keragaman bahasa di
Indonesia.
|
Menyukai berbagai upacara adat di nusantara.
|
|
Mengakui persamaan hak dan kewajiban antara
dirinya dan teman sebangsa dari suku, etnis, budaya lain.
|
Bekerja sama dengan teman dari suku, etnis, budaya lain
berdasarkan persamaan hak dan kewajiban.
|
|
Membaca buku-buku mengenai suku bangsa dan etnis yang
berjuang bersama dalam mempertahankan kemerdekaan.
|
Menyadari bahwa setiap perjuangan mempertahankan
kemerdekaan dilakukan bersama oleh berbagai suku, etnis yang ada di Indonesia.
|
|
Cinta tanah air:
Cara berpikir, bersikap,dan berbuat yang menunjukkan
kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi,
dan politik bangsa.
|
Mengagumi keunggulan geografis dan kesuburan tanah
wilayah Indonesia.
|
Mengagumi posisi geografis wilayah Indonesia dalam
perhubungan laut dan udara dengan negara lain.
|
Menyenangi keragaman budaya dan seni di
Indonesia.
|
Mengagumi kekayaan budaya dan seni di Indonesia.
|
|
Menyenangi keragaman suku bangsa dan bahasa
daerah yang dimiliki Indonesia.
|
Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa
sebagai keunggulan yang hadir di wilayah negara Indonesia.
|
|
Mengagumi keragaman hasil-hasil pertanian,
perikanan, flora, dan fauna Indonesia.
|
Mengagumi sumbangan produk pertanian, perikanan,
flora, dan fauna Indonesia bagi dunia.
|
|
Mengagumi kekayaan hutan Indonesia.
|
Mengagumi peran hutan Indonesia bagi dunia.
|
|
Mengagumi laut serta perannya dalam kehidupan
bangsa Indonesia.
|
Mengagumi peran laut dan hasil laut Indonesia
bagi bangsa-bangsa di dunia.
|
|
Menghargai prestasi:
Sikap dan tindakan yang
mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui,
dan menghormati keberhasilan orang lain.
|
Mengerjakan tugas dari guru dengan sebaik-baiknya.
|
Rajin belajar untuk berprestasi tinggi.
|
Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga
dan kesenian.
|
Berlatih keras untuk menjadi pemenang dalam
berbagai kegiatan olahraga dan kesenian di sekolah.
|
|
Hormat kepada sesuatu yang sudah dilakukan guru,
kepala sekolah, dan personalia sekolah lain.
|
Menghargai kerjakeras guru, kepala sekolah, dan
personalia lain.
|
|
Menceritakan prestasi yang dicapai orangtua.
|
Menghargai upaya orangtua untuk mengembangkan
berbagai potensi dirinya melalui pendidikan dan kegiatan lain.
|
|
Menghargai hasil kerja pemimpin di masyarakat
sekitarnya.
|
Menghargai hasil kerja pemimpin dalam menyejahterakan
masyarakat dan bangsa.
|
|
Menghargai tradisi dan hasil karya masyarakat di
sekitarnya.
|
Menghargai temuan-temuan yang telah dihasilkan
manusia dalam bidang ilmu, teknologi, sosial, budaya, dan seni.
|
|
Bersahabat/komunikatif:
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,
bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain.
|
Bekerja sama dalam kelompok di kelas.
|
Memberikan pendapat dalam kerja kelompok di kelas.
|
Berbicara dengan teman sekelas.
|
Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas.
|
|
Bergaul dengan teman sekelas ketika istirahat.
|
Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya kelas.
|
|
Bergaul dengan teman lain kelas.
|
Aktif dalam kegiatan organisasi di sekolah.
|
|
Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya sekolah.
|
||
Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya.
|
Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya.
|
|
Cinta damai:
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang
lain merasa senang dan aman ataskehadiran dirinya
|
Tidak menggunakan kekuatan fisik dalam berselisih
dengan teman.
|
Mendamaikan teman yang sedang berselisih.
|
Berbicara dengan kata-kata yang tidak mengundang
amarah teman.
|
Menggunakan kata-kata yang menyejukkan emosi teman yang
sedang marah.
|
|
Tidak mengambil barang teman.
|
Ikut menjaga keamanan barang-barang di kelas.
|
|
Mengucapkan salam atau selamat pagi/siang/sore ketika
bertemu teman untuk pertama kali pada hari itu.
|
Menjaga keselamatan teman di kelas/sekolah dari
perbuatan jahil yang merusak.
|
|
Gemar membaca:
Kebiasaanmenyediakan waktu
untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
|
Membaca buku atau tulisan yang diwajibkan guru.
|
Membaca buku dan tulisan yang terkait dengan mata
pelajaran.
|
Membaca
buku-buku cerita yang ada di
perpustakaan sekolah.
|
Mencari bahan bacaan dari perpustakaan daerah.
|
|
Membaca koran atau majalah dinding.
|
Membaca buku novel dan cerita pendek.
|
|
Membaca buku yang ada di rumah tentang flora, fauna,
dan alam.
|
Membaca buku atau tulisan tentang alam, sosial, budaya, seni, dan teknologi.
|
|
Peduli sosial:
Sikap dan tindakan yang selalu
ingin memberi bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
|
Membagi makanan dengan teman.
|
Mengunjungi rumah yatim dan orang jompo.
|
Berterimakasih kepada petugas kebersihan sekolah.
|
Menghormati petugas-petugas sekolah.
|
|
Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa
atau tidak punya.
|
Mmbantu teman yang sedang memerlukan bantuan.
|
|
Mengumpulkan uang dan barang untuk korban
bencana alam.
|
Menyumbang darah untuk PMI.
|
|
Peduli lingkungan:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah
kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk
memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
|
Buang air besar dan air kecil di WC.
|
Membersihkan WC.
|
Membuang sampah di tempatnya.
|
Membersihkan tempat sampah.
|
|
Membersihkan halaman sekolah.
|
Membersihkan lingkungan sekolah.
|
|
Tidak memetik bunga di taman sekolah.
|
Memperindah kelas dan sekolah dengan tanaman.
|
|
Tidak menginjak
rumput di taman sekolah.
|
Ikut memelihara taman di halaman sekolah.
|
|
Menjaga kebersihan rumah
|
Ikut dalam kegiatan menjaga kebersihan
lingkungan
|
PETA NILAI PENDIDIKAN BUDAYA DAN
KARAKTER BANGSA BERDASARKAN MATA PELAJARAN
JENJANG PENDIDIKAN DASAR
MATA PELAJARAN
|
JENJANG KELAS
|
||
1 – 3
|
4 - 6
|
7 - 9
|
|
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN (PKn)
|
·
Cinta tanah air
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Senang
membaca
·
Peduli
sosial
·
Peduli lingkungan,
·
Jujur
·
Toleran
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Rasa ingin tahu
·
Percaya
·
Respek
·
Bertanggung jawab
·
Saling berbagi
|
·
Semangat kebangsaan
·
Cinta tanah air
·
Menghargai Prestasi
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Cinta Damai
·
Senang membaca
·
Peduli sosial
·
Peduli lingkungan,
·
Religius
·
Jujur
·
Toleran
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Rasa ingin tahu
·
Percaya
·
Respek
·
Bertanggung jawab
·
Saling
berbagi
|
·
Semangat
kebangsaan
·
Cinta
tanah air
·
Menghargai
Prestasi
·
Bersahabat
·
Komunikatif
·
Cinta
Damai
·
Senang
membaca
·
Peduli
sosial
·
Peduli
lingkungan,
·
Religius
·
Jujur
·
Toleran
·
Disiplin
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Demokratis
·
Rasa ingin tahu
·
Percaya
·
Respek
·
Bertanggung jawab
·
Saling
berbagi
|
BAHASA INDONESIA
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Disiplin
· Kerja Keras
· Kreatif
· Mandiri
· Demokratis
· Rasa Ingin Tahu
· Semangat Kebangsaan
· Cinta Tanah Air
· Menghargai Prestasi
· Bersahabat/Komunikatif
· Cinta Damai
· Peduli Sosial
· Peduli Lingkungan
· Berani *
· Kritis *
· Terbuka *
· Humor *
· Kemanusiaan*
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Disiplin
· Kerja Keras
· Kreatif
· Mandiri
· Demokratis
· Rasa Ingin Tahu
· Semangat Kebangsaan
· Cinta Tanah Air
· Menghargai Prestasi
· Bersahabat/Komunikatif
· Terbuka *
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Kerja
keras
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Demokrasi
·
Rasa
Ingin Tahu
·
Cinta
Tanah Air
·
Menghargai
Prestasi
·
Bersahabat/
Komunikatif
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Sosial
·
Peduli
Lingkungan
·
Kritis
·
Terbuka
·
Kemanusiaan
·
Optimis
|
MATEMATIKA
|
·
Teliti
·
Tekun
·
Kerja
keras
·
Rasa ingin tahu
·
Pantang menyerah
|
·
Teliti
·
Tekun
·
Kerja
keras
·
Rasa ingin tahu
·
Pantang menyerah
|
·
Teliti
·
Kreatif
·
Patang menyerah
·
Rasa ingin Tahu
|
IPS
|
·
Religius
·
Toleransi
·
Kerja keras
·
Kreatif
·
Bersahabat/komunikatif
·
Kasih sayang
·
Rukun (persatuan)
·
Tahu diri
·
Penghargaan
·
Kebahagiaan
·
Kerendahan hati
|
·
Religius
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Rasa ingin tahu
·
Semangat kebangsaan
·
Menghargai prestasi
·
Bersahabat
·
Senang membaca
·
Peduli lingkungan
|
· Religius
· Jujur
· Toleransi
· Disiplin
· Kerja keras
· Kreatif
· Mandiri
· Rasa ingin tahu
· Cinta tanah air
· Menghargai prestasi
· Bersahabat
· Senang membaca
· Peduli sosial
· Peduli lingkungan
|
IPA
|
·
Peduli kesehatan
·
Nilai intelektual
·
Religius
·
Empati
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Toleransi
·
Hati-hati
·
Bersahabat/komunikasi
·
Peduli sosial
·
Tanggung jawab
·
Peduli lingkungan
·
Nilai susila
·
Rasa ingin tahu
·
Senang membaca
·
Estetika
·
Teliti
·
Menghargai prestasi
·
Pantang menyerah
·
Terbuka
·
Jujur
·
Cinta damai
·
Objektif
·
Hemat
·
Percaya diri
|
·
Peduli kesehatan
·
Nilai intelektual
·
Religius
·
Empati
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Toleransi
·
Hati-hati
·
Bersahabat/komunikasi
·
Peduli sosial
·
Tanggung jawab
·
Peduli lingkungan
·
Nilai susila
·
Kerja keras
·
Rasa ingin tahu
·
Senang membaca
·
Estetika
·
Kreatif
·
Teliti
·
Septis
·
Mnghargai prestasi
·
Pantang menyerah
·
Terbuka
·
Jujur
·
Cinta damai
·
Objektif
·
Hemat
·
Percaya diri
|
·
Peduli kesehatan
·
Nilai intelektual
·
Religius
·
Empati
·
Mandiri
·
Disiplin
·
Toleransi
·
Hati-hati
·
Bersahabat/komunikasi
·
Peduli sosial
·
Tanggung jawab
·
Peduli lingkungan
·
Nilai susila
·
Kerja keras
·
Rasa ingin tahu
·
Senang membaca
·
Estetika
·
Nilai ekonomi
·
Kreatif
·
Teliti
·
Skeptis
·
Menghargai prestasi
·
Pantang menyerah
·
Terbuka
·
Jujur
·
Cinta damai
·
Objektif
·
Hemat
·
Percaya diri
·
Cinta tanah air
|
B. STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, NILAI, DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN
1. SK/KD, Nilai, dan Indikator Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai
|
Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas
|
|
1 - 3
|
4 - 6
|
||||
Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
|
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
|
Mengetahui
perbedaan
jenis kelamin, agama,suku bangsa
|
Rasa ingin tahu
|
Bermain dan belajar bersama
|
Mencari informasi
tentang agama dan suku bangsa di Indonesia lebih lanjut dari apa yang ada
pada buku pelajaran
|
Senang membaca
|
Memilih buku bacaan di
perpustakaan dan membaca buku tersebut
|
Membaca buku-buku yang
berkenaan dengan agama dan suku bangsa di Indonesia
|
|||
Memberikan contoh hidup
rukun melalui kegiatan di rumah dan sekolah
|
Menghargai perbedaan
|
Berbicara dengan semua
teman sekelas
|
Bersahabat dengan semua
teman sekelas
|
||
Hidup rukun
|
Bersedia duduk sebangku
dengan teman sekelas yang mana saja
|
Bekerja dalam kelompok yang
beragam latar belakang agama dan suku bangsa
|
|||
Menerapkan kehidupan rukun
di rumah dan di sekolah
|
Hidup rukun
|
Membagi bekal kepada
teman yang membutuhkan
|
Meminjamkan alat
belajar kepada teman yang tidak punya atau lupa membawa
|
||
Bekerjasama dengan baik
dalam kelompok belajar yang beragam suku/agama
|
Bekerjasama dengan
semua warga sekolah dalam kelompok organisasi peserta didik
|
||||
Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
|
Menjelaskan
perlunya tata tertib di rumah
di sekolah
|
Disiplin
|
Merapikan meja dan kursi setelah belajar di kelas
|
Melaksanakan tugas-tugas kelas
|
|
Melaksanakan tatatertib di rumah dan sekolah
|
Disiplin
|
Membantu memelihara kebersihan ruang
kelas
|
Membantu memelihara kebersihan sekolah dan pekarangan
|
||
|
|
Tidak bermain ketika sedang belajar kelompok di kelas
|
Mengerjakan
tugas sesuai dengan tugas yang diberikan kelompok
|
||
Menenerapkan hak anak di rumah dan
di sekolah
|
Menjelaskan hak anak untuk bermain dan
belajar dan
dengan pendapatnya
|
Senang membaca
|
Anak meminta bantuan kepada
guru dalam membaca
|
Anak menanyakan kata/kalimat/isi dari buku/tulisan yang dibacanya
|
|
Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
|
Senang membaca
|
Anak membaca buku anak-anak yang
di perpustakaan
|
Anak membaca buku anak- anak tentang sesuatu terkait mata pelajaran
|
||
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan
di sekolah
|
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Disiplin
|
Memilih dengan tertib
buku bacaan sekolah untuk dibaca
|
Mengembalikan buku
perpustakaan pada waktunya
|
|
Masuk kelas dengan teratur
|
Membeli
makanan/minuman/barang di kantin sekolah dengan tertib
|
||||
Menerapkan aturan yang berlaku di masyarakat
|
Disiplin
|
Membuang sampah pada tempatnya
|
Membantu membuang sampah di tempat sampah
di kelas yang sudah penuh
|
||
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
Mengenal anggota
tubuh
|
Mengenal bagian tubuh dan perawatannya
|
rasa ingin tahu
|
menunjukkan pengamatan yang serius terhadap anggota tubuhnya
|
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh dan perawatannya
|
senang membaca
|
mengemukakan dengan
antusias fungsi bagian-bagian tubuh berdasarkan hasil bacaan
|
mengemukakan dengan
antusias cara merawat bagian-bagian tubuh berdasarkan hasil bacaan
|
|||
peduli sosial
|
tidak mengolok-olok teman yang memiliki keterbatasan fisik (anggota tubuh)
|
Mau berkomunikasi
dengan teman yang mengalami keterbatasan fisik
(anggota tubuh)
|
|||
Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
|
Rasa ingin tahu
|
menunjukkan antusiasme dalam memperoleh informasi tentang kebutuhan tubuh
agar sehat dan kuat
|
menanyakan aspek lain yang terkait dengan
kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat
|
||
kerja keras
|
menyimak penjelasan guru dengan serius, mengajukan pertanyaan dan
pendapat tentang kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat
|
memilah fakta/informasi yang
relevan dan tidak relevan secara teliti
dalam mengidentifikasi
kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat
|
|||
Mengenal anggota
tubuh
|
Membiasakan hidup sehat
|
disiplin
|
Selalu mencuci tangan
sebelum dan sesudah makan
|
Membersihkan gigi setelah makan
|
|
Bersahabat/
komunikatif
|
Membantu teman membersihkan bagian
tubuh yang terkena kotoran
|
Membantu teman membersihkan bagian tubuh belakang yang kotor
|
|||
Peduli sosial
|
Tidak meludah di tempat
umum
|
Menutup mulut jika batuk dan
menutup hidung jika bersin
|
|||
Buang air kecil/besar
pada tempatnya/ toilet
|
Membersihkan toilet atau tempat buang air kecil/basar
|
||||
Menutup mulut jika batuk dan
menutup hidung jika bersin
|
Menunjukkan upaya aktif dalam bidang kesehatan seperti menjadi pengurus
UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) atau
menjadi donor darah, dll.
|
||||
Mengenal
cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
|
Mengenal cara menjaga
lingkungan agar tetap sehat
|
Disiplin
|
Membuang sampah
pada tempatnya
|
Mengikuti jadwal piket untuk memelihara kebersihan ruangan kelas
|
|
Senang membaca
|
Menjawab pertanyaan
guru dengan antusias tentang cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat berdasarkan hasil bacaan
|
Mengemukakan pendapat dengan
antusias berdasarkan hasil bacaan
tentang cara menjaga lingkungan agar
tetap sehat
|
|||
Ingin tahu
|
Menunjukkan antusiasme dalam memperoleh informasi tentang lingkungan sehat
|
Mengumpulkan informasi dari guru
dan buku tentang lingkungan
sehat
|
|||
menanyakan aspek lain yang terkait dengan
kebutuhan lingkungan sehat
|
Mengumpul-kan informasi dari
berbagai sumber (guru dan buku) tentang
lingkungan sehat
|
||||
Membedakan lingkungan sehat
dengan lingkungan tidak sehat
|
Kerja keras
|
Menyimak penjelasan guru dengan serius, mengajukan pertanyaan
tentang lingkungan sehat dan tidak
sehat
|
Memilah fakta/informasi yang
relevan dan tidak relevan secara teliti
dalam membedakan lingkungan
sehat dan tidak sehat
|
||
Peduli lingkungan
|
Bermain/duduk pada
tempat yang bersih di lingkungan sekolah
|
Menunjukkan kepedulian dalam menjaga lingkungan kelas agar tetap sehat
|
|||
Menunjukkan upaya menjaga kebersihan bangku dan kursi masing-masing
|
Menunjukkan kepedulian dalam menjaga lingkungan sekolah agar tetap sehat
|
||||
Mengenal
cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
|
Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan
lingkungan sekitar
|
Senang membaca
|
Menceritakan dengan
antusias tentang perlunya merawat tanaman, hewan dan lingkungan berdasarkan
hasil bacaan buku paket
|
Menceritakan dengan
antusias tentang perlunya merawat tanaman, hewan dan lingkungan berdasarkan
hasil bacaan buku paket
dan buku lainnya/buku pengayaan
|
|
Peduli
lingkungan
|
Tidak mencabut tanaman dan memetik bunga di halaman sekolah
|
Menunjukkan upaya turut serta dalam merawat tanaman di lingkungan sekolah seperti menyiram dan menyiangi tanaman
|
|||
Menunjukkan upaya turut serta dalam merawat tanaman
di pekarangan kelas seperti menyiram
tanaman pada pot
|
Mengemukakan
pendapat/saran untuk memelihara tanaman dan lingkungan sekolah.
|
||||
Mengenal
berbagai
sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
|
Mengidentifikasi
benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
|
Menghargai prestasi
|
Berusaha mendapatkan nilai yanag sempurna dari tugas yang diberikan.
|
Memberikan
penghargaan kepada teman yang berprestasi
|
|
Jujur
|
Mengungkapkan secara ciri-ciri benda yang dapat diamati di lingkungan
sekitar
|
Melaporkan secara jujur hasil pengamatan mengenai benda di sekitarnya
|
|||
Bersahabat/ komunikatif
|
Mengungkapkan secara jelasbenda-benda yang dapat diamati di lingkungan
sekitar
|
Turut dalam
diskusi kelas
|
|||
Peduli sosial
|
Mendengar dan menyimak penjelasan guru dan teman sekelas
|
Menjawab pertanyaan teman sekelas
|
|||
Senang membaca
|
Menceritakan hal yang telah difahami dalam
kegiatan membaca.
|
Membicarakan isi buku/tulisan yang dibacanya di
kelas
|
|||
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Memahami identitas diri dan
keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
|
Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
|
Rasa Ingin tahu
|
Menunjukan antusiasme dalam mengenali identitas anggota keluarga dan kerabat
|
|
Disiplin
|
Melakukan tugas pengamatan terhadap identitas keluarga dan kerabat sesuai dengan aturan
yang ditetapkan
|
|
|||
Menceritakan
pengalaman
diri
|
Jujur
|
Menceritakan pengalaman
pengamatan tentang identitas keluarga dan kerabat sesuai dengan kenyataannya
|
|
||
Menceritakan
kasih sayang antar
anggota keluarga
|
Religius
|
Menyatakan
rasa syukur melalui doa sederhana karena memiliki keluarga yang saling
menyayangi
|
|
||
Memahami
identitas
diri dan keluarga,
serta sikap
saling menghormati
dalam kemajemukan
keluarga
|
Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
|
Kasih Sayang
|
Menunjukan rasa kasih sayang terhadap anggota keluarga melalui cerita di kelas
|
|
|
Menunjukan
sikap
hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga
|
Toleransi
|
Menunjukan sikap
hidup rukun dalam
kemajemukan
keluarga
|
|
||
Mendeskripsi-kan
lingkungan rumah
|
Menceritakan kembali
peristiwa penting yang dialami sendiri
di lingkungan
|
Jujur
|
Mencerita-kan salah satu peristiwa penting di dalam
keluarga sesuai dengan kejadian sebenarnya
|
|
|
Mendeskripsi-kanlingkungan
rumah
|
Menceritakan salah satu peristiwa
penting di dalam keluarga sesuai
dengan kejadian sebenarnya
|
Empati
|
Menyatakan perasaan yang dalam
melalui kata – kata terhadap pengalaman anggota keluarga yang menyedihkan
|
|
|
Mendeskripsikan letak rumah
|
Jujur
|
Menggambarkan letak rumah sesuai dengan kenyataannya
|
|
||
Mendeskripsi-kan
lingkungan rumah
|
Menjelaskan
lingkungan
rumah sehat dan perilaku dalam menjaga
kebersihan rumah
|
Rasa ingin tahu
|
Mengekspresikan dengan kata-kata
bayangan/
imaginasi tinggal di rumah yang sehat
|
|
|
Peduli
lingkungan
|
Membuang sampah pada tempatnya di lingkungan sekolah
|
|
|||
Memahami
peristiwa penting
dalam keluarga secara kronologis
|
Memelihara dokumen
dan koleksi benda berharga
|
Rasa ingin tahu
|
Menunjukan antusiame untuk mengenali dokumen dan koleksi benda berharaga yang dimiliki kelas
|
Menunjukan antusiame untuk mengenali dokumen dan koleksi benda berharaga yang dimiliki sekolah
|
|
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam
keluarga dan lingkungan tetangga
|
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
|
Rasa ingin tahu
|
Melakukan pengamatan sederhana tentang
tugas dan peran setiap anggota daalam
keluarga dalam kehidupan sehari
– hari
|
|
|
Kritis
|
Membedakan tugas masing – masing anggota keluarga dalam kehidupan sehari – hari
|
|
|||
Menceritakan
pengalaman dalam melaksana-kan peran dalam anggota keluarga
|
Jujur
|
Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam keluarga
sesuai dengan kenyataannya
|
|
||
Menghargai
prestasi
|
Menunjukan rasa
bangga akan kerja keras yang dilakukan orang tua dalam
usaha mencukupi kebutuhan keluarga
|
|
|||
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
Memberi contoh bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
Rasa ingin tahu
|
Melakukan pengamatan
sederhana tentang bentuk –
bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
|
|
Jujur
|
Mau menceritakan partisipasi dalam kegiatan kerjasama di lingkungan
tetangga yang dilakukan peserta didik
sesuai dengan sebenarnya
|
|
a.
Pengembangan Diri
Pengembangan diri terdiri atas 2 (dua) bentuk kegiatan, yaitu terprogram dan tidak
terprogram.
1. Kegiatan
pengembangan diri secara terprogram
dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk
memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal
melalui penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut ini.
Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Layanan dan kegiatan
pendukung konseling
|
·
Individual
·
Kelompok: tatap muka guru
BP masuk ke kelas
|
Ekstrakurikuler
|
·
Kepramukaan
·
PMR
·
UKS
·
KIR
·
Olahraga
·
Kerohaniaan
·
Senibudaya/sanggar seni
·
Kesehatan reproduksi
remaja
·
Latihan dasar
kepemimpinan
|
2. Kegiatan
pengembangan diri secara tidak terprogram dapat dilaksanakan sebagai berikut.
Kegiatan
|
Contoh
|
Rutin,
yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal
|
·
Piket kelas
·
Ibadah
·
Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas
·
Bakti sosial
|
Spontan,
adalah kegiatan tidak terjadwal dalam
kejadian khusus
|
·
Memberi dan menjawab salam
·
Meminta maaf
·
Berterima kasih
·
Mengunjungi orang yang sakit
·
Membuang sampah pada tempatnya
·
Menolong orang yang sedang dalam kesusahan
·
Melerai pertengkaran
|
Keteladanan,
adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari
|
·
Performa
guru
·
Mengambil
sampah yang berserakan
·
Cara
berbicara yang sopan
·
Mengucapkan
terima kasih
·
Menghargai
pendapat orang lain
·
Memberikan kesempatan terhadap pendapat yang
berbeda
·
Mendahulukan kesempatan kepada orang tua
·
Penugasan
peserta didik secara bergilir
·
Menaati tata tertib (disiplin, taat waktu, taat
pada peraturan)
·
Memberi
salam ketika bertemu
·
Berpakaian
rapi dan bersih
·
Menepati
janji
·
Memberikan
penghargaan kepada orang yang berprestasi
·
Berperilaku
santun
·
Pengendalian
diri yang baik
·
Memuji
pada orang yang jujur
·
Mengakui
kebenaran orang lain
·
Mengakui
kesalahan diri sendiri
·
Berani
mengambil keputusan
·
Berani
berkata benar
·
Melindungi
kaum yang lemah
·
Membantu
kaum yang fakir
·
Sabar
mendengarkan orang lain
·
Mengunjungi
teman yang sakit
·
Membela
kehormatan bangsa
·
Mengembalikan barang yang bukan miliknya
·
Antri
·
Mendamaikan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar