Rabu, 06 Januari 2016

PNKB

INDIKATOR KEBERHASILAN SEKOLAH DAN KELAS
DALAMPENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
NILAI
Deskripsi
INDIKATORSEKOLAH
INDIKATORKELAS
1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

§  Merayakan hari-hari besar keagamaan.
§  Memiliki fasilitas yang dapat digunakan untuk beribadah.
§  Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.
§  Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
§  Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk melaksanakan ibadah.

2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
§  Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.
§  Tranparansi laporan keuangan dan penilaian sekolah secara berkala.
§  Menyediakan kantin kejujuran.
§  Menyediakan kotak saran dan pengaduan.
§  Larangan membawa fasilitas komunikasi pada saat ulangan atau  ujian.
§  Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang.
§  Tempat pengumuman barang temuan atau hilang.
§  Tranparansi laporan keuangan dan penilaian kelas secara berkala.
§  Larangan menyontek.


3. Toleransi
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya
§  Menghargai dan memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi, dan kemampuan khas.
§  Memberikan perlakuan yang sama terhadap stakeholder tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan  status ekonomi.
§  Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, dan status ekonomi.
§  Memberikan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus.
§  Bekerja dalam kelompok yang berbeda.
4. Disiplin
Tindakanyang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

§  Memiliki catatan kehadiran.
§  Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang disiplin.
§  Memiliki tata tertib sekolah.
§  Membiasakan warga sekolah untuk berdisiplin.
§  Menegakkan aturan dengan memberikan sanksi secara adil bagi pelanggar tata tertib sekolah.
§  Menyediakan peralatan praktik sesuai program studi keahlian (SMK).
§  Membiasakan hadir tepat waktu.
§  Membiasakan mematuhi aturan.
§  Menggunakan pakaian praktik sesuai dengan program studi keahliannya (SMK).
§  Penyimpanan dan pengeluaran alat dan bahan (sesuai program studi keahlian) (SMK).
5. Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
§  Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.
§  Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras.
§  Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang kerja.
§  Menciptakan suasana kompetisi yang sehat.
§  Menciptakan kondisi etos kerja, pantang menyerah, dan daya tahan belajar.
§  Mencipatakan suasana belajar yang memacu daya tahan kerja.
§  Memiliki pajangan tentang slogan atau motto tentang giat bekerja dan belajar.

6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk  menghasilkan cara atau hasil baru darisesuatu yang telah dimiliki.
Menciptakan situasi yang  menumbuhkan daya  berpikir dan bertindak kreatif.

§  Menciptakan situasi belajar yang bisa menumbuhkan daya pikir dan bertindak kreatif.
§  Pemberian tugas yang menantang munculnya karya-karya baru baik yang autentik maupun modifikasi.

7. Mandiri
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
Menciptakan situasi sekolah yang membangun kemandirian peserta didik.
Menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri.
8. Demokratis
Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

§  Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan.
§  Menciptakan suasana  sekolah yang menerima perbedaan.
§  Pemilihan kepengurusan OSIS secara terbuka.
§  Mengambil keputusan kelas secara bersama melalui musyawarah dan mufakat.
§  Pemilihan kepengurusan kelas secara terbuka.
§  Seluruh produk kebijakan  melalui musyawarah dan mufakat.
§  Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis dan interaktif.
9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.

§  Menyediakan media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik) untuk berekspresi bagi warga sekolah.
§  Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.
§  Menciptakan suasana kelasyang mengundang rasa ingin tahu.
§  Eksplorasi lingkungan secara terprogram.
§  Tersedia media komunikasi atau informasi (media cetak atau media elektronik).
10. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

§  Melakukan upacara rutin sekolah.
§  Melakukan upacara hari-hari besar nasional.
§  Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional.
§  Memiliki program melakukan kunjungan ke tempat bersejarah.
§  Mengikuti lomba pada hari besar nasional.
§  Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda suku, etnis, status sosial-ekonomi.
§  Mendiskusikan hari-hari besar nasional.
11. Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bersikap,dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

§  Menggunakan produk buatan dalam negeri.
§  Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
§  Menyediakan informasi  (dari sumber cetak, elektronik) tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia.
§  Memajangkan: foto presiden dan wakil presiden, bendera negara, lambang negara, peta Indonesia, gambar kehidupan masyarakat Indonesia.
§  Menggunakan produk buatan dalam negeri.
12. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat,  mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

§  Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah.
§  Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
§  Memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik.
§  Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi.
§  Menciptakan suasana pembelajaran untuk memotivasi peserta didik berprestasi.
13. Bersahabat/
Komuniktif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain.
§  Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antarwarga sekolah.
§  Berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
§  Saling menghargai dan menjaga kehormatan.
§  Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban.
§  Pengaturan kelas yang memudahkan terjadinya interaksi peserta didik.
§  Pembelajaran yang dialogis.
§  Guru mendengarkan keluhan-keluhan peserta didik.
§  Dalam berkomunikasi, guru tidak menjaga jarak dengan peserta didik.
14. Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman ataskehadiran dirinya
§  Menciptakan suasana sekolah dan bekerja yang nyaman, tenteram, dan harmonis.
§  Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
§  Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender.
§  Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang.
§  Menciptakan suasana kelas yang damai.
§  Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan.
§  Pembelajaran yang tidak bias gender.
§  Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang.
15.  Gemar Membaca
Kebiasaanmenyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

§  Program wajib baca.
§  Frekuensi kunjungan perpustakaan.
§  Menyediakan fasilitas dan suasana menyenangkan untuk membaca.
§  Daftar buku atau tulisan yang dibaca peserta didik.
§  Frekuensi kunjungan perpustakaan.
§  Saling tukar bacaan.
§  Pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi,
16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
§  Pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
§  Tersedia tempat pembuangan sampah dan tempat cuci tangan.
§  Menyediakan kamar mandi dan air bersih.
§  Pembiasaan hemat energi.
§  Membuat biopori di area sekolah.
§  Membangun saluran pembuangan air limbah dengan baik.
§  Melakukan pembiasaan memisahkan jenis sampah organik dan anorganik.
§  Penugasan pembuatan kompos dari sampah organik.
§  Penanganan limbah hasil praktik (SMK).
§  Menyediakan peralatan kebersihan.
§  Membuat tandon penyimpanan air.
§  Memrogramkan cinta bersih lingkungan.
§  Memelihara lingkungan kelas.
§  Tersedia tempat pembuangan sampah di dalam kelas.
§  Pembiasaan hemat energi.
§  Memasang stiker perintah mematikan lampu dan menutup kran air pada setiap ruangan apabila selesai digunakan (SMK).
17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
§  Memfasilitasi kegiatan bersifat sosial.
§  Melakukan aksi sosial.
§  Menyediakan fasilitas untuk menyumbang.
§  Berempati kepada sesama teman kelas.
§  Melakukan aksi sosial.
§  Membangun kerukunan warga kelas.
18.     Tanggungjawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
§  Membuat laporan setiap kegiatan  yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
§  Melakukan tugas tanpa disuruh.
§  Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalah dalam lingkup terdekat.
§  Menghindarkan kecurangan dalam pelaksanaan tugas.

·     Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
·     Peran serta aktif dalam kegiatan sekolah.
·     Mengajukan usul pemecahan masalah.



1.      KETERKAITAN NILAI DAN INDIKATOR UNTUK SEKOLAH DASAR

NILAI
INDIKATOR
1 – 3
4 – 6
Religius:
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

Mengenal dan mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai ciptaan Tuhan  melalui cara merawatnya dengan baik.
Mengagumi sistem dan cara kerja organ-organ tubuh manusia yang sempurna dalam sinkronisasi fungsi organ.
Mengagumi kebesaran Tuhan karena kelahirannya di dunia dan hormat kepada orangtuanya.
Bersyukur kepada Tuhan karena memiliki keluarga yang menyayanginya.
Mengagumi kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai jenis bahasa dan suku bangsa.
Merasakan kekuasaan Tuhan yang telah menciptakan berbagai keteraturan dalam berbahasa.
Senang mengikuti aturan kelas dan sekolah untuk kepentingan hidup bersama.
Merasakan manfaat aturan kelas dan sekolah sebagai keperluan untuk hidup bersama.
Senang bergaul dengan teman sekelas dan satu sekolah dengan berbagai perbedaan yang telah diciptakan-Nya.
Membantu teman yang memerlukan bantuan sebagai suatu ibadah atau kebajikan.
Jujur:
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
Tidak meniru jawaban teman  (menyontek) ketika ulangan ataupun mengerjakan tugas di kelas.
Tidak meniru pekerjaan temannya  dalam mengerjakan tugas di rumah.
Menjawab pertanyaan guru tentang sesuatu berdasarkan yang diketahuinya.
Mengatakan dengan sesungguhnya sesuatu yang telah terjadi atau yang dialaminya.
Mau bercerita tentang kesulitan dirinya dalam berteman.
Mau bercerita tentang kesulitan menerima pendapat temannya.
Menceritakan suatu kejadian berdasarkan sesuatu yang diketahuinya.
Mengemukakan pendapat tentang sesuatu sesuai dengan yang diyakininya.
Mau menyatakan tentang ketidaknyaman suasana belajar di kelas.

Mengemukakan ketidaknyaman dirinya dalam belajar di sekolah.
Toleransi:
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis,pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
Tidak mengganggu teman yang berlainan agama dalam beribadah.
Menjaga hak teman yang berbeda agama untuk melaksanakan ajaran agamanya.
Mau bertegur sapa dengan teman yang berbeda pendapat.
Menghargai pendapat yang berbeda sebagai sesuatu yang alami dan insani.
Membantu teman yang mengalami kesulitan walaupun berbeda dalam agama, suku, dan etnis.
Bekerjasama dengan teman yang berbeda agama, suku, dan etnis dalam kegiatan-kegiatan kelas dan sekolah.
Menerima pendapat teman yang berbeda dari pendapat dirinya.
Bersahabat dengan teman yang berbeda pendapat.
Disiplin:
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.


Datang ke sekolah dan masuk kelas pada waktunya.
Menyelesaikan tugas pada waktunya.
Melaksanakan tugas-tugas kelas yang menjadi tanggungjawabnya.
Saling menjaga dengan teman agar semua tugas-tugas kelas terlaksana dengan baik.
Duduk pada tempat yang telah ditetapkan.
Selalu mengajak teman menjaga ketertiban kelas.
Menaati peraturan sekolah dan kelas.
Mengingatkan teman yang melanggar peraturan dengan kata-kata sopan dan tidak menyinggung.
Berpakaian rapi.
Berpakaian sopan dan rapi.
Mematuhi aturan permainan.
Mematuhi aturan sekolah.
Kerja keras:
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar, tugas, dan menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

Mengerjakan semua tugas  kelas  dengan sungguh-sungguh.
Mengerjakaan tugas dengan teliti dan rapi.
Mencari informasi dari sumber di luar buku pelajaran.
Mencari informasi dari sumber-sumber di luar sekolah.
Menyelesaikan PR pada waktunya.
Mengerjakan tugas-tugas dari guru pada waktunya.
Menggunakan sebagian besar waktu di kelas untuk belajar.
Fokus pada tugas-tugas yang diberikan guru di kelas.
Mencatat dengan sungguh-sungguh sesuatu yang ditugaskan guru.
Mencatat dengan sungguh-sungguh sesuatu yang dibaca, diamati, dan didengar untuk kegiatan kelas.
Kreatif:
Berpikir dan melakukan sesuatu yang  menghasilkan cara atau hasil baru berdasarkan  sesuatu yang telah dimiliki.
Membuat suatu karya dari bahan yang tersedia di kelas.
Membuat berbagai kalimat baru dari sebuah kata.
Mengusulkan suatu kegiatan baru di kelas.
Bertanya tentang sesuatu yang berkenaan dengan pelajaran tetapi di luar cakupam materi pelajaran.
Menyatakan perasaannya dalam gambar, seni, bentuk-bentuk komunikasi lisan dan tulis.
Membuat karya tulis tentang hal baru tapi terkait dengan materi pelajaran.
Melakukan tindakan-tindakan untuk membuat kelas menjadi sesuatu yang nyaman.
Melakukan penghijauan atau penyegaran halaman sekolah.
Mandiri:
Sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
Melakukan sendiri tugas kelas yang menjadi tanggungjawabnya.
Mencari sumber untuk menyelesaikan tugas sekolah tanpa bantuan pustakawan sekolah.
Mengerjakan PR tanpa meniru pekerjaan temannya.
Mengerjakan PR tanpa meniru pekerjaan temannya.
Demokratis:
Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

Menerima  ketua kelas terpilih berdasarkan suara terbanyak.

Membiasakan diri bermusyawarah dengan teman-teman.
Memberikan suara dalam pemilihan di kelas dan sekolah.

Menerima kekalahan dalam pemilihan dengan ikhlas.
Mengemukakan pikiran tentang teman-teman sekelas.
Mengemukakan pendapat tentang teman yang jadi pemimpinnya.
Ikut membantu melaksanakan program ketua kelas.

Memberi kesempatan kepada teman yang menjadi pemimpinnya untuk bekerja.
Menerima arahan dari ketua kelas, ketua kelompok belajar, dan OSIS.

Melaksanakan kegiatan yang dirancang oleh teman yang menjadi pemimpinnya.
Rasa ingin tahu:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari, dilihat, dan didengar.

Bertanya kepada guru dan teman tentang materi pelajaran.
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
Bertanya kepada sesuatu tentang gejala alam yang baru terjadi.
Membaca atau mendiskusikan gejala alam yang baru terjadi.
Bertanya kepada guru tentang sesuatu yang didengar dari radio atau televisi.
Bertanya tentang beberapa peristiwa alam, sosial, budaya, ekonomi, politik, teknologi yang baru didengar.
Bertanya tentang berbagai peristiwa yang dibaca dari media cetak.
Bertanya  tentang sesuatu yang terkait dengan materi pelajaran tetapi di luar yang dibahas di kelas.
Semangat kebangsaan:
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

Turut serta dalam upacara peringatan hari pahlawan dan proklamasi kemerdekaan.

Turut serta dalam panitia peringatan hari pahlawan danproklamasi kemerdekaan.
Menggunakan bahasa Indonesia ketika ada teman dari suku lain.

Menggunakan bahasa Indonesia ketika berbicara di kelas.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu-lagu wajib.

Menyanyikan lagu-lagu perjuangan.
Mengagumi banyaknya keragaman bahasa di Indonesia.

Menyukai berbagai upacara adat di nusantara.
Mengakui persamaan hak dan kewajiban antara dirinya dan teman sebangsa dari suku, etnis, budaya lain.

Bekerja sama dengan teman dari suku, etnis, budaya lain berdasarkan persamaan hak dan kewajiban.
Membaca buku-buku mengenai suku bangsa dan etnis yang berjuang bersama dalam mempertahankan kemerdekaan.
Menyadari bahwa setiap perjuangan mempertahankan kemerdekaan dilakukan bersama oleh berbagai suku, etnis yang ada di Indonesia.
Cinta tanah air:
Cara berpikir, bersikap,dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Mengagumi keunggulan geografis dan kesuburan tanah wilayah Indonesia.
Mengagumi posisi geografis wilayah Indonesia dalam perhubungan laut dan udara dengan negara lain.
Menyenangi keragaman budaya dan seni di Indonesia.
Mengagumi kekayaan budaya dan seni di Indonesia.
Menyenangi keragaman suku bangsa dan bahasa daerah yang dimiliki Indonesia.
Mengagumi keragaman suku, etnis, dan bahasa sebagai keunggulan yang hadir di wilayah negara Indonesia.
Mengagumi keragaman hasil-hasil pertanian, perikanan, flora, dan fauna Indonesia.
Mengagumi sumbangan produk pertanian, perikanan, flora, dan fauna Indonesia bagi dunia.
Mengagumi kekayaan hutan Indonesia.
Mengagumi peran hutan Indonesia bagi dunia.
Mengagumi laut serta perannya dalam kehidupan bangsa Indonesia.
Mengagumi peran laut dan hasil laut Indonesia bagi bangsa-bangsa di dunia.
Menghargai prestasi:
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.

Mengerjakan tugas dari guru  dengan sebaik-baiknya.
Rajin belajar untuk berprestasi tinggi.
Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga dan kesenian.
Berlatih keras untuk menjadi pemenang dalam berbagai kegiatan olahraga dan kesenian di sekolah.
Hormat kepada sesuatu yang sudah dilakukan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lain.
Menghargai kerjakeras guru, kepala sekolah, dan personalia lain.
Menceritakan prestasi yang dicapai orangtua.
Menghargai upaya orangtua untuk mengembangkan berbagai potensi dirinya melalui pendidikan dan kegiatan lain.
Menghargai hasil kerja pemimpin di masyarakat sekitarnya.
Menghargai hasil kerja pemimpin dalam menyejahterakan masyarakat dan bangsa.
Menghargai tradisi dan hasil karya masyarakat di sekitarnya.
Menghargai temuan-temuan yang telah dihasilkan manusia dalam bidang ilmu, teknologi, sosial, budaya, dan seni.
Bersahabat/komunikatif:
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain.

Bekerja sama dalam kelompok di kelas.

Memberikan pendapat dalam kerja kelompok di kelas.
Berbicara dengan teman sekelas.
Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas.
Bergaul dengan teman sekelas ketika istirahat.
Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya kelas.
Bergaul dengan teman lain kelas.
Aktif dalam kegiatan organisasi di sekolah.
Aktif dalam kegiatan sosial dan budaya sekolah.
Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya.
Berbicara dengan guru, kepala sekolah, dan personalia sekolah lainnya.
Cinta damai:
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman ataskehadiran dirinya
Tidak menggunakan kekuatan fisik dalam berselisih dengan teman.

Mendamaikan teman yang sedang berselisih.
Berbicara dengan kata-kata yang tidak mengundang amarah teman.

Menggunakan kata-kata yang menyejukkan emosi teman yang sedang marah.
Tidak mengambil barang teman.

Ikut menjaga keamanan barang-barang di kelas.
Mengucapkan salam atau selamat pagi/siang/sore ketika bertemu teman untuk pertama kali pada hari itu.
Menjaga keselamatan teman di kelas/sekolah dari perbuatan jahil yang merusak.
Gemar membaca:
Kebiasaanmenyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.


Membaca buku atau tulisan yang diwajibkan guru.
Membaca buku dan tulisan yang terkait dengan mata pelajaran.

Membaca  buku-buku cerita  yang ada di perpustakaan sekolah.

Mencari bahan bacaan dari perpustakaan daerah.
Membaca koran atau majalah dinding.
Membaca buku novel dan cerita pendek.
Membaca buku yang ada di rumah tentang flora, fauna, dan alam.
Membaca buku atau tulisan  tentang alam, sosial, budaya, seni, dan teknologi.
Peduli sosial:
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.

Membagi makanan dengan teman.
Mengunjungi rumah yatim dan orang jompo.
Berterimakasih kepada petugas kebersihan sekolah.
Menghormati petugas-petugas sekolah.
Meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa atau tidak punya.
Mmbantu teman yang sedang memerlukan bantuan.
Mengumpulkan uang dan barang untuk korban bencana alam.
Menyumbang darah untuk PMI.
Peduli lingkungan:
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
Buang air besar dan air kecil di WC.
Membersihkan WC.
Membuang sampah di tempatnya.
Membersihkan tempat sampah.
Membersihkan halaman sekolah.
Membersihkan lingkungan sekolah.
Tidak memetik bunga di taman sekolah.
Memperindah kelas dan sekolah dengan tanaman.
Tidak menginjak
rumput di taman sekolah.
Ikut memelihara taman di halaman sekolah.
Menjaga kebersihan rumah
Ikut dalam kegiatan menjaga kebersihan lingkungan





PETA NILAI PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA BERDASARKAN MATA PELAJARAN
JENJANG PENDIDIKAN DASAR

MATA PELAJARAN
JENJANG KELAS
1 – 3
4 - 6
7 - 9
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)
·         Cinta tanah air
·         Bersahabat
·         Komunikatif
·         Senang membaca
·         Peduli sosial
·         Peduli lingkungan,
·         Jujur
·         Toleran
·         Disiplin
·         Kreatif
·         Rasa ingin tahu
·         Percaya
·         Respek
·         Bertanggung jawab
·         Saling berbagi







·         Semangat kebangsaan
·         Cinta tanah air
·         Menghargai Prestasi
·         Bersahabat
·         Komunikatif
·         Cinta Damai
·         Senang membaca
·         Peduli sosial
·         Peduli lingkungan,
·         Religius
·         Jujur
·         Toleran
·         Disiplin
·         Kerja keras
·         Kreatif
·         Mandiri
·         Demokratis
·         Rasa ingin tahu
·         Percaya
·         Respek
·         Bertanggung jawab
·         Saling berbagi
·      Semangat kebangsaan
·      Cinta tanah air
·      Menghargai Prestasi
·      Bersahabat
·      Komunikatif
·      Cinta Damai
·      Senang membaca
·      Peduli sosial
·      Peduli lingkungan,
·      Religius
·      Jujur
·      Toleran
·      Disiplin
·      Kerja keras
·      Kreatif
·      Mandiri
·      Demokratis
·      Rasa ingin tahu
·      Percaya
·      Respek
·      Bertanggung jawab
·      Saling berbagi
BAHASA INDONESIA

·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Disiplin
·   Kerja Keras
·   Kreatif 
·   Mandiri
·   Demokratis
·   Rasa Ingin Tahu
·   Semangat Kebangsaan
·   Cinta Tanah Air
·   Menghargai Prestasi
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Cinta Damai
·   Peduli Sosial
·   Peduli Lingkungan
·   Berani *
·   Kritis *
·   Terbuka *
·   Humor *
·   Kemanusiaan*

·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Disiplin
·   Kerja Keras
·   Kreatif 
·   Mandiri
·   Demokratis
·   Rasa Ingin Tahu
·   Semangat Kebangsaan
·   Cinta Tanah Air
·   Menghargai Prestasi
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Terbuka *

·       Religius
·       Jujur
·       Toleransi
·       Disiplin
·       Kerja keras
·       Kreatif
·       Mandiri
·       Demokrasi
·       Rasa Ingin Tahu
·       Cinta Tanah Air
·       Menghargai Prestasi
·       Bersahabat/ Komunikatif
·       Cinta Damai
·       Peduli Sosial
·       Peduli Lingkungan
·       Kritis
·       Terbuka
·       Kemanusiaan
·        Optimis


MATEMATIKA

·         Teliti
·         Tekun
·         Kerja keras
·         Rasa ingin tahu
·          Pantang menyerah
·         Teliti
·         Tekun
·         Kerja keras
·         Rasa ingin tahu
·         Pantang menyerah
·         Teliti
·         Kreatif
·         Patang menyerah
·         Rasa ingin Tahu

IPS

·         Religius
·         Toleransi
·         Kerja keras
·         Kreatif
·         Bersahabat/komunikatif
·         Kasih sayang
·         Rukun (persatuan)
·         Tahu diri
·         Penghargaan
·         Kebahagiaan
·         Kerendahan hati


·         Religius
·         Toleransi
·         Disiplin
·         Kreatif
·         Demokratis
·         Rasa ingin tahu
·         Semangat kebangsaan
·         Menghargai prestasi
·         Bersahabat
·         Senang membaca
·         Peduli lingkungan

·      Religius
·     Jujur
·     Toleransi
·     Disiplin
·     Kerja keras
·     Kreatif
·     Mandiri
·     Rasa ingin tahu
·     Cinta tanah air
·     Menghargai prestasi
·     Bersahabat
·     Senang membaca
·     Peduli sosial
·     Peduli lingkungan
IPA

·         Peduli kesehatan
·         Nilai intelektual
·         Religius
·         Empati
·         Mandiri
·         Disiplin
·         Toleransi
·         Hati-hati
·         Bersahabat/komunikasi
·         Peduli sosial
·         Tanggung jawab
·         Peduli lingkungan
·         Nilai susila
·         Rasa ingin tahu
·         Senang membaca
·         Estetika 
·         Teliti
·         Menghargai prestasi
·         Pantang menyerah
·         Terbuka
·         Jujur
·         Cinta damai
·         Objektif 
·         Hemat
·         Percaya diri





·         Peduli kesehatan
·         Nilai intelektual
·         Religius
·         Empati
·         Mandiri
·         Disiplin
·         Toleransi
·         Hati-hati
·         Bersahabat/komunikasi
·         Peduli sosial
·         Tanggung jawab
·         Peduli lingkungan
·         Nilai susila
·         Kerja keras
·         Rasa ingin tahu
·         Senang membaca
·         Estetika
·         Kreatif
·         Teliti
·         Septis
·         Mnghargai prestasi
·         Pantang menyerah
·         Terbuka
·         Jujur
·         Cinta damai
·         Objektif 
·         Hemat
·         Percaya diri
·         Peduli kesehatan
·         Nilai intelektual
·         Religius
·         Empati
·         Mandiri
·         Disiplin
·         Toleransi
·         Hati-hati
·         Bersahabat/komunikasi
·         Peduli sosial
·         Tanggung jawab 
·         Peduli lingkungan
·         Nilai susila
·         Kerja keras
·         Rasa ingin tahu
·         Senang membaca
·         Estetika
·         Nilai ekonomi 
·         Kreatif
·         Teliti
·         Skeptis
·         Menghargai prestasi
·         Pantang menyerah
·         Terbuka
·         Jujur
·         Cinta damai
·         Objektif
·         Hemat
·         Percaya diri
·         Cinta tanah air
B.     STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR, NILAI, DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN
1.      SK/KD, Nilai, dan Indikator Sekolah Dasar
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Nilai
Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas
1 - 3
4 - 6
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

Mengetahui
perbedaan
jenis          kelamin,             agama,suku            bangsa

Rasa ingin tahu

Bermain dan belajar bersama

Mencari informasi tentang agama dan suku bangsa di Indonesia lebih lanjut dari apa yang ada pada buku pelajaran
Senang membaca

Memilih buku bacaan di perpustakaan dan membaca buku tersebut

Membaca buku-buku yang berkenaan dengan agama dan suku bangsa di Indonesia
Memberikan contoh hidup rukun melalui  kegiatan di            rumah dan sekolah
Menghargai perbedaan
Berbicara dengan semua teman sekelas
Bersahabat dengan semua teman sekelas
Hidup rukun
Bersedia duduk sebangku dengan teman sekelas yang mana saja
Bekerja dalam kelompok yang beragam latar belakang agama dan suku bangsa
Menerapkan     kehidupan       rukun  di rumah dan di  sekolah
Hidup rukun
Membagi bekal kepada teman yang membutuhkan

Meminjamkan alat belajar kepada teman yang tidak punya atau lupa membawa
Bekerjasama dengan baik dalam kelompok belajar yang beragam suku/agama
Bekerjasama dengan semua warga sekolah dalam kelompok organisasi peserta didik
Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah
Menjelaskan
perlunya tata tertib di rumah
di sekolah
Disiplin
Merapikan meja dan kursi setelah belajar di kelas
Melaksanakan tugas-tugas kelas
Melaksanakan tatatertib di rumah dan sekolah
Disiplin
Membantu memelihara kebersihan ruang  kelas

Membantu memelihara kebersihan sekolah dan pekarangan


Tidak bermain ketika sedang belajar kelompok di kelas
Mengerjakan tugas sesuai dengan tugas yang diberikan kelompok
Menenerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah

Menjelaskan hak anak untuk bermain dan
belajar dan
dengan      pendapatnya
Senang membaca


Anak meminta bantuan  kepada guru dalam membaca

Anak menanyakan kata/kalimat/isi dari buku/tulisan yang dibacanya
Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
Senang membaca

Anak membaca buku anak-anak yang  di perpustakaan
Anak membaca buku anak- anak tentang sesuatu terkait mata pelajaran
Menerapkan            kewajiban anak di rumah dan di        sekolah
Mengikuti tata  tertib di rumah dan di sekolah
Disiplin
Memilih dengan tertib buku bacaan sekolah untuk dibaca
Mengembalikan buku perpustakaan pada waktunya
Masuk kelas dengan teratur

Membeli makanan/minuman/barang di kantin sekolah dengan tertib
Menerapkan            aturan yang            berlaku di             masyarakat
Disiplin
Membuang sampah pada tempatnya
Membantu membuang sampah di tempat sampah di kelas yang sudah penuh
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Mengenal anggota tubuh 
Mengenal bagian tubuh dan perawatannya

rasa ingin tahu
menunjukkan pengamatan yang serius terhadap anggota tubuhnya
mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi anggota tubuh  dan perawatannya
senang membaca
mengemukakan dengan antusias fungsi bagian-bagian tubuh berdasarkan hasil bacaan

mengemukakan dengan antusias cara merawat bagian-bagian tubuh berdasarkan hasil bacaan
peduli sosial
tidak mengolok-olok teman yang memiliki keterbatasan fisik  (anggota tubuh)
Mau berkomunikasi dengan teman yang mengalami keterbatasan fisik
(anggota tubuh)
Mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)

Rasa ingin tahu
menunjukkan antusiasme dalam memperoleh informasi tentang kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat
menanyakan aspek lain yang terkait dengan  kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat
kerja keras
menyimak penjelasan guru dengan serius, mengajukan pertanyaan dan pendapat tentang kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat
memilah fakta/informasi   yang relevan dan tidak relevan secara teliti  dalam mengidentifikasi  kebutuhan tubuh agar sehat dan kuat
Mengenal anggota tubuh 
Membiasakan hidup sehat

disiplin
Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
Membersihkan gigi setelah makan
Bersahabat/
komunikatif
Membantu teman membersihkan  bagian tubuh yang terkena kotoran
Membantu teman membersihkan bagian tubuh belakang yang kotor
Peduli sosial
Tidak meludah di tempat umum

Menutup mulut  jika batuk dan menutup hidung jika bersin
Buang air kecil/besar pada tempatnya/ toilet

Membersihkan toilet atau tempat buang air kecil/basar
Menutup mulut  jika batuk dan menutup hidung jika bersin
Menunjukkan upaya aktif dalam bidang kesehatan seperti menjadi pengurus UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)  atau menjadi donor darah, dll.
Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat

Disiplin
Membuang sampah pada tempatnya
Mengikuti jadwal piket untuk memelihara kebersihan  ruangan kelas
Senang membaca
Menjawab pertanyaan guru  dengan antusias  tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat berdasarkan hasil bacaan
Mengemukakan pendapat dengan antusias  berdasarkan hasil bacaan tentang  cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
Ingin tahu
Menunjukkan antusiasme dalam memperoleh informasi tentang  lingkungan sehat
Mengumpulkan informasi dari guru  dan buku  tentang lingkungan sehat
menanyakan aspek lain yang terkait dengan  kebutuhan  lingkungan sehat
Mengumpul-kan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku) tentang  lingkungan sehat

Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat

Kerja keras
Menyimak penjelasan guru dengan serius, mengajukan pertanyaan tentang  lingkungan sehat dan tidak sehat
Memilah fakta/informasi   yang relevan dan tidak relevan secara teliti  dalam  membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
Peduli lingkungan
Bermain/duduk pada tempat yang bersih di lingkungan sekolah 

Menunjukkan kepedulian dalam menjaga lingkungan kelas agar tetap sehat
Menunjukkan upaya menjaga kebersihan bangku dan kursi  masing-masing
Menunjukkan kepedulian dalam menjaga lingkungan  sekolah agar tetap sehat
Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
Menceritakan perlunya  merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar

Senang membaca
Menceritakan dengan antusias tentang perlunya merawat tanaman, hewan dan lingkungan berdasarkan hasil bacaan buku paket

Menceritakan dengan antusias tentang perlunya merawat tanaman, hewan dan lingkungan berdasarkan hasil bacaan buku paket
dan buku lainnya/buku pengayaan
Peduli lingkungan
Tidak mencabut tanaman dan memetik bunga di halaman sekolah
Menunjukkan upaya turut serta dalam merawat tanaman di  lingkungan sekolah seperti menyiram  dan menyiangi tanaman
Menunjukkan upaya turut serta dalam merawat tanaman di  pekarangan kelas seperti menyiram tanaman pada pot
Mengemukakan pendapat/saran untuk memelihara tanaman dan lingkungan sekolah.
Mengenal berbagai
sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda

Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
Menghargai prestasi

Berusaha mendapatkan nilai yanag sempurna dari tugas yang diberikan.
Memberikan penghargaan kepada teman yang berprestasi
Jujur

Mengungkapkan secara ciri-ciri benda yang dapat diamati di lingkungan sekitar
Melaporkan secara jujur hasil pengamatan mengenai benda di sekitarnya
Bersahabat/ komunikatif

Mengungkapkan secara jelasbenda-benda yang dapat diamati di lingkungan sekitar

Turut dalam diskusi kelas
Peduli sosial

Mendengar dan menyimak penjelasan guru dan teman sekelas

Menjawab pertanyaan teman sekelas
Senang membaca

Menceritakan hal yang telah difahami dalam kegiatan membaca.
Membicarakan isi buku/tulisan yang dibacanya di kelas
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Memahami  identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga

Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat
Rasa Ingin tahu
Menunjukan antusiasme dalam mengenali identitas  anggota keluarga dan kerabat

Disiplin
Melakukan tugas  pengamatan  terhadap identitas  keluarga dan kerabat sesuai dengan aturan yang ditetapkan

Menceritakan 
pengalaman 
diri

Jujur

Menceritakan  pengalaman pengamatan tentang identitas keluarga dan kerabat  sesuai dengan  kenyataannya


Menceritakan
kasih sayang antar
anggota keluarga
Religius

Menyatakan rasa syukur  melalui doa sederhana  karena memiliki keluarga yang saling menyayangi

Memahami  identitas
diri dan keluarga,
serta sikap
saling menghormati
dalam kemajemukan
keluarga

Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
Kasih Sayang
Menunjukan  rasa kasih sayang  terhadap anggota keluarga  melalui cerita di kelas

Menunjukan
sikap
hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga
Toleransi
Menunjukan sikap
hidup rukun dalam
kemajemukan
keluarga


Mendeskripsi-kan
 lingkungan rumah
Menceritakan kembali
peristiwa penting yang dialami  sendiri di lingkungan
Jujur

Mencerita-kan  salah satu peristiwa penting di dalam keluarga  sesuai dengan  kejadian sebenarnya

Mendeskripsi-kanlingkungan rumah
Menceritakan  salah satu peristiwa penting di dalam keluarga  sesuai dengan  kejadian sebenarnya
Empati
Menyatakan  perasaan yang dalam melalui kata – kata terhadap pengalaman anggota keluarga yang menyedihkan

Mendeskripsikan letak rumah
Jujur
Menggambarkan  letak rumah sesuai dengan  kenyataannya

Mendeskripsi-kan
 lingkungan rumah
Menjelaskan lingkungan
 rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

Rasa ingin tahu

Mengekspresikan dengan kata-kata  bayangan/
imaginasi tinggal di rumah yang sehat


Peduli lingkungan
Membuang sampah pada tempatnya di lingkungan sekolah

Memahami
peristiwa  penting
dalam keluarga secara kronologis
Memelihara dokumen
dan koleksi benda berharga

Rasa ingin tahu

Menunjukan  antusiame  untuk mengenali dokumen  dan koleksi benda berharaga  yang dimiliki kelas
Menunjukan  antusiame  untuk mengenali dokumen  dan koleksi benda berharaga  yang dimiliki sekolah

Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga

Rasa ingin tahu

Melakukan pengamatan sederhana  tentang tugas dan peran setiap anggota daalam  keluarga  dalam kehidupan sehari – hari

Kritis
Membedakan  tugas  masing – masing anggota keluarga  dalam kehidupan sehari – hari

Menceritakan pengalaman dalam melaksana-kan peran dalam anggota keluarga
Jujur
Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam  keluarga  sesuai dengan kenyataannya

Menghargai prestasi

Menunjukan rasa bangga  akan  kerja keras yang dilakukan orang tua  dalam  usaha  mencukupi kebutuhan  keluarga

Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
Memberi contoh bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan tetangga

Rasa ingin tahu

Melakukan pengamatan  sederhana  tentang bentuk – bentuk kerjasama di lingkungan tetangga


Jujur
Mau menceritakan   partisipasi  dalam kegiatan kerjasama di lingkungan tetangga yang  dilakukan peserta didik sesuai dengan sebenarnya



a.      Pengembangan Diri
Pengembangan diri terdiri atas 2 (dua) bentuk kegiatan, yaitu terprogram dan tidak terprogram.
1.      Kegiatan pengembangan diri secara terprogram dilaksanakan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal melalui penyelenggaraan kegiatan sebagai berikut ini.
Kegiatan
Pelaksanaan
Layanan dan kegiatan pendukung konseling
·      Individual
·      Kelompok: tatap muka guru BP masuk ke kelas
Ekstrakurikuler
·      Kepramukaan
·      PMR
·      UKS
·      KIR
·      Olahraga
·      Kerohaniaan
·      Senibudaya/sanggar seni
·      Kesehatan reproduksi remaja
·      Latihan dasar kepemimpinan


2.      Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dapat dilaksanakan sebagai berikut.

Kegiatan
Contoh
Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal
·      Piket kelas
·      Ibadah
·      Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran di kelas
·      Bakti sosial
Spontan, adalah kegiatan  tidak terjadwal dalam kejadian khusus
·      Memberi dan menjawab salam
·      Meminta maaf
·      Berterima kasih
·      Mengunjungi orang yang sakit
·      Membuang sampah pada tempatnya
·      Menolong orang yang sedang dalam kesusahan
·      Melerai pertengkaran

Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari
·      Performa guru
·      Mengambil sampah yang berserakan
·      Cara berbicara yang sopan
·      Mengucapkan terima kasih
·      Meminta maaf
·      Menghargai pendapat orang lain
·      Memberikan kesempatan terhadap pendapat yang berbeda
·      Mendahulukan kesempatan kepada orang tua
·      Penugasan peserta didik secara bergilir
·      Menaati tata tertib (disiplin, taat waktu, taat pada peraturan)
·      Memberi salam ketika bertemu
·      Berpakaian rapi dan bersih
·      Menepati janji
·      Memberikan penghargaan kepada orang yang berprestasi
·      Berperilaku santun
·      Pengendalian diri yang baik
·      Memuji pada orang yang jujur
·      Mengakui kebenaran orang lain
·      Mengakui kesalahan diri sendiri
·      Berani mengambil keputusan
·      Berani berkata benar
·      Melindungi kaum yang lemah
·      Membantu kaum yang fakir
·      Sabar mendengarkan orang lain
·      Mengunjungi teman yang sakit
·      Membela kehormatan bangsa
·      Mengembalikan barang yang bukan miliknya
·      Antri
·      Mendamaikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar